Header

Thursday, July 26, 2012

pantangan makanan maag

Penyakit maag merupakan penyakit yang menyerang lambung, dimana asam lambung meningkat, dan menyebabkan iritasi. Penyakit maag merupakan salahsatu penyakit yang sangat banyak diderita. Dan banyak pula pengobatan yang ditawarkan untuk menyembuhkan penyakit maag ini, mulai dari pengobatan secara medis dan alternatif, seperti salah satunya cara alami mengobati asam lambung, yang mengobati penyakit asam lambung secara herbal. Tapi perlu diketahui pula bahwa dengan menjalani pengobatan saja tidak cukup, melainkan harus disertai dengan menjaga pola makan, agar pengobatan yang dijalani mendapatkan hasil maksimal dan membantu mempercepat pengobatannya. Untuk itu disini saya akan memberitahukan mengenai apasaja yang menjadi Pantangan makanan maag yang harus dihindari. Informasi Pengobatan Maag Secara Alami.



Apa penyakit maag itu?

Penyakit Maag adalah penyakit  yang ditimbulkan oleh kelebihan asam  yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Dalam kondisi normal asam diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita makan. Namun produksi asam di lambung dapat lebih besar dari yang dibutuhkan bila pola hidup kita tidak teratur dan tidak sehat.


 



Selain akibat gangguan keasaman lambung ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori sebagai penyebab lain dari sakit maag. Bakteri ini mempunyai sifat luar biasa. Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak. Kuman Helicobacter pylori dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus). Akibat dinding lambung mengalami perlukaan, penderita akan merasakan perih di bagian ulu hati. Informasi Pengobatan Maag Secara Alami.



Penyebab Penyakit Magg

Sebelum membahas mengenai Pantangan makanan maag, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apasaja yang menjadi penyebab terjadinya penyakit maag. Dan berikut beberapa penyebabnya:




  • Aktifitas yang tinggi sehingga telat makan.

  • Stres yang tinggi, yang berimbas pada produksi asam lambung berlebih.

  • Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafein tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.

  • Makan tidak teratur

  • Bekerja melebihi kemampuan fisik

  • Mengalami ketegangan syaraf (stress)

  • Konsumsi kafein dan minuman alkohol dalam jumlah berlebihan

  • Kurang olahraga


Pantangan Makanan Maag

Berikut ini adalah beberapa Pantangan makanan maag yang harus dihindari oleh para penderita maag, diantaranya seperti :




  • Hindari makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda)

  • Hindari makanan yg merangsang keluarnya asam lambung (seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus)

  • Hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju

  • Hindari makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang

  • Hindari makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

  • Hindari beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol.


Itulah beberapa pantangan makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita asam lambung, hal ini bertujuan untuk memaksimalkan Pengobatan yang dijalani, serta mempercepat proses penyembuhannya. Informasi Pengobatan Maag Secara Alami.



Makanan Yang Baik Untuk Penyakit Maag

Selain tadi ada Pantangan makanan maag, ada pula makanan yang di anjurkan untuk para penderita maag, diantaranya adalah :


 




  • Kentang


Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang ataupun jus kentang yang bersifat basa dipagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum anda menyantap makanan lain.




  • Pisang Masak


Mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.




  • Brokoli


Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.




  • Bubur Ayam


Bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.




  • Lidah Buaya


Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.




  • Kol


Meski banyak dijauhi karena mengandung gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Mengenai konsumsi kol ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.


Itulah beberapa Pantangan makanan maag serta Makanan yang dianjurkan untuk penderita Maag. dengan menjalani pola makan sehat serta teratur makan akan sangat membantu mengatasi keluhan Maag yang anda derita. Kami juga dapat membantu untuk menemukan solusi pengobatan maag ataupun maag kronis secara alami, untuk lebih lengkapnya, KLIK Informasi Pengobatan Maag Secara Alami.


 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: pantangan makanan maag Rating: 5 Reviewed By: Jass

Popular Posts

Scroll to Top