Header

Friday, September 28, 2012

makanan penurun darah tinggi

Makanan penurun darah tinggi >> Darah tinggi atau yang biasa juga disebut dengan darah tinggi bisa dialami oleh siapa saja. Umumnya darah tinggi terjadi karena makanan, usia, dan genetik. Apabila darah tinggi ini tidak segera diatasi dapat menjadi pemicu terjadinya serangan jantung dan stroke, dan bahkan dapat menyebabkan kematian.


Makanan Penurun Darah Tinggi


Untuk menghindari kemungkinan terburuk yang dapat ditimbulkan oleh penyakit darah tinggi ini, ada beberapa tips untuk menjaga tekanan darah tetap stabil, seperti rutin berolahraga, memilih makanan yang sehat, dan mengurangi asupan natrium.



karena Makanan dan pola hidup memegang peran penting pada penderita hipertensi. maka dengan merubah makanan yang dikonsumsi, dengan makanan penurun darah tinggi bisa mengontrol tekanan darah anda. Serta menjaga kesehatan anda dari penyakit kardiovaskuler lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat berkontribusi untuk menurunkan tekanan darah :




  • Kiwi


Penelitian yang persentasikan dalam pertemuan American Heart Association tahun lalu menunjukan bahwa mengkonsumsi tiga kiwi sehari dapat menurunkan tekanan darah.
Dalam penelitian yang melibatkan 188 orang berusia 55 tahun ke atas yang mengidap tekanan darah tinggi, partisipan diminta untuk memakan  tiga kiwi atau sebuah apel setiap hari selama 8 minggu. Dan hasilnya para peneliti menemukan orang yang mengkonsumsi kiwi lebih mampu menurunkan tekanan darah sistolik dibanding mereka yang memakan apel.




  • Pisang


Penelitian pada tahun 2005 yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menemukan bahwa tekanan darah bisa turun dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium, seperti pisang. Rendahnya natrium dalam pisang juga aman dikonsumsi bagi penderita darah rendah.




  • Semangka


Semangka tak hanya menyegarkan karena mengandung air, buah ini juga kaya akan nutrisi, seperti serat, vitamin A dan kalium. Penelitian dari Florida state university menunjukan bahwa asam amino yang ditemukan pada semangka , yang disebut L-citrulline atau L-arganine, bisa menurunkan darah tinggi.




  • Kismis


Mengkonsumsi kismis ternyata bisa membantu para penderita hipertensi, penelitian yang dilakukan oleh Louisville Metabolic and Atherosclerosis Research Center menunjukan bahwa mengkonsumsi kismis tiga kali setiap hari membantu menurunkan tekanan darah tinggi setelah beberapa minggu memakannya.




  • Kedelai


Merupakan makanan yang juga kaya akan potassium. Produk turunannya seperti tahu, tempe, mudah didapat dan dikonsumsi. Hanya saja jangan dikonsumsi dengan menggorengnya, tapi rebus atau bakar untuk mengurangi efek buruk dari minyak goreng.




  • Kentang


Kentang kaya akan potassium untuk makanan pengganti nasi, namun jangan menggorengnya, jika dikonsumsi untuk camilan. Selalu hindari minyak goreng yang berpotensi menambah kolesterol darah.




  • Bayam


Bayam merupakan sumber magnesium yang sangat baik. Tidak hanya melindungi anda dari penyakit jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, kandungan folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein yang membuat bahan kimia berbahaya. Penelitian telah menunjukan bahwa tingkat tinggi asam amino (homosistein) dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.




  • Biji Bunga Matahari


Mungkin kebanyakan dari Anda lebih mengenalnya dengan sebutan kuaci. Kandungan magnesiumnya sangat tinggi dan biji bunga matahari mengandung pitosterol, yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Karena kolesterol tinggi merupakan salahsatu pemicu terjadinya tekanan darah tinggi, karena dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Tapi pastikan anda mengkonsumsi kuaci segar yang tidak diberi garam.




  • Kacang-kacangan


kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang merah juga mengandung magnesium dan potasium. Potasium tersebut dikenal cukup efektip untuk menurunkan tekanan darah tinggi.


Semoga Informasi diatas tentang makanan penurun darah tinggi bermanfaat bagi anda, khususnya bagi anda yang saat ini tengah menderita penyakit darah tinggi.


 

Informasi cara alami mengobati darah tinggi !!!


 

 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: makanan penurun darah tinggi Rating: 5 Reviewed By: Jass

Popular Posts

Scroll to Top