Header

Saturday, May 11, 2019

Ada 7 Kebiasaan Merusak Otak Hentikan Segera

Tentu saja, kita semua ingin mematikan otak kita sesekali dengan beberapa gelas anggur, beberapa jam tidur tambahan, atau menonton TV tanpa berpikir. Tetapi pilihan gaya hidup tertentu dapat mengancam kesehatan otak kita secara signifikan, bahkan ketika hubungannya tidak jelas.

Kebiasaan yang menyangkal nutrisi penting otak kita atau dengan cepat membunuh sel-sel otak menempatkan kita pada risiko gangguan mental seperti depresi atau kecemasan, serta penyakit fisik seperti Alzheimer, stroke, epilepsi, dan bahkan kanker.

Sangat mudah untuk melupakan bahwa meskipun pikiran Anda dalam keadaan diam, otak fisik Anda masih bisa menderita. Dan sementara gangguan mental sebagian besar merupakan akibat dari genetika, diet dan gaya hidup memainkan peran besar dalam bagaimana mengatur dan menenangkan aktivitas otak Anda.

Berikut ini adalah 7 kebiasaan berbahaya yang merusak otak Anda - menghentikannya segera, bersamaan dengan saran dokter Anda, dapat membuat dunia berbeda dalam kesehatan mental dan fisik Anda.

1. Tidak Sarapan
Ada alasan bahwa sarapan dianggap sebagai makanan terpenting hari itu. Melewatkannya dapat menyebabkan kadar gula darah rendah, dan itu sangat merusak otak, terutama jika itu sering terjadi. Otak Anda menggunakan lebih banyak energi daripada organ lain di dalam tubuh, dan membutuhkan hingga 20% dari total glukosa yang tersedia dalam sistem Anda setiap hari.

Sekitar 2/3 dari "anggaran energi" otak digunakan untuk membantu neuron melepaskan sinyal ke seluruh tubuh. 1/3 sisanya ditujukan untuk pemeliharaan dan perawatan seluler. Secara teratur menolak asupan nutrisi otak Anda menyebabkan defisit dalam anggaran energi itu, dan Anda akan menemukan bahwa otak Anda menjadi kurang responsif terhadap rangsangan. Tanpa diketahui oleh Anda, sel-sel otak Anda juga akan kehilangan perawatan kritis yang mereka butuhkan untuk menjadi sehat, dan akan mati pada tingkat yang dipercepat.

2. Kurang Tidur
Mungkin tidak mengejutkan bagi Anda bahwa tidak cukup tidur akan membuat Anda merasa lesu dan pelupa pada hari berikutnya. Alasannya adalah karena kurang tidur merampas kemampuan neuron Anda untuk berfungsi dengan baik. Itu mengarah pada penyimpangan mental yang dapat memengaruhi pekerjaan dan hubungan Anda. Tetapi lebih dari itu, indera dan refleks Anda tumpul, sehingga kemungkinan besar Anda akan mengalami kecelakaan berbahaya.

Kurang tidur kronis dapat membuat efek ini permanen. Jadi, lain kali Anda merasa terlalu sibuk untuk tidur yang cukup, ingatlah bahwa sebelum Anda memprioritaskan tidur Anda, Anda tidak akan melakukan yang terbaik. Luangkan waktu untuk tidur dengan benar dan Anda akan selesai lebih banyak dalam waktu yang lebih sedikit di hari berikutnya.

3. Kebanyakan Makan
Studi mengungkapkan hubungan yang mengejutkan antara obesitas dan demensia. Alasannya tidak jelas, tetapi para peneliti menduga bahwa obesitas terjadi ketika makanan yang kita makan kurang gizi, yang mengarah pada keinginan untuk makan berlebihan untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral. Jadi, bahkan jika Anda makan banyak, Anda masih bisa membuat otak Anda kelaparan.

Secara pengamatan, kita dapat melihat bahwa pada tahun 2015, jumlah pasien yang didiagnosis dengan demensia mencapai hampir 45 juta, jumlah yang dua kali lipat sejak 1990. Pada saat yang sama, tingkat obesitas nasional di AS naik dari 11,1% menjadi 30,6%. Dibutuhkan lebih banyak studi untuk mengungkap koneksi, tetapi jelas bahwa ada satu.

4. Merokok
Banyak penelitian telah dilakukan tentang efek merusak dari merokok, jadi kami memahami hubungan ini dengan cukup baik. Merokok jelas merusak membran sel dan viabilitas saraf di area otak yang mengatur keseimbangan, koordinasi, dan keterampilan motorik halus dan kasar. Ini juga menipiskan korteks, di mana proses termasuk bahasa, memori, dan persepsi terjadi.

Berhenti sekarang penting untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, dan itu dapat membantu otak Anda juga. Namun, sejumlah kerusakan sudah dilakukan. Para peneliti telah menemukan bahwa penghentian merokok dapat mengembalikan beberapa ketebalan cortex yang hilang, tetapi bahkan mantan perokok berat yang tidak kembung selama lebih dari 25 tahun memiliki korteks yang lebih tipis daripada mereka yang tidak pernah merokok.

5. Dehidrasi
Tubuh kita terdiri dari 70% air, sehingga sangat penting untuk setiap fungsi tubuh, termasuk fungsi otak. Efek pada otak Anda dehidrasi terjadi sangat cepat, juga, dengan para peneliti menentukan bahwa hanya dua jam latihan berat tanpa air dapat menyebabkan penurunan kognitif. Dalam penelitian, ditemukan bahwa dehidrasi berdampak pada fungsi-fungsi seperti pemecahan masalah yang kompleks, koordinasi, dan perhatian yang paling besar.

Anda tidak perlu stres tentang minum dalam jumlah tertentu setiap hari, tetapi perhatikan rasa haus Anda karena itu merupakan indikator yang sangat baik dari kebutuhan air. Cobalah untuk minum secara konsisten sepanjang hari untuk menjaga level tetap dan otak Anda bahagia.

6. Kebanyakan Konsumsi Gula
Tubuh kita dan otak kita membutuhkan gula untuk berfungsi, tetapi diet modern kita terlalu banyak memasukkannya. Ketika Anda makan terlalu banyak gula secara teratur, sel-sel Anda, termasuk sel-sel otak, berada dalam kondisi peradangan kronis.Itu berdampak pada kemampuan tubuh Anda untuk menyerap nutrisi penting dari makanan dan mulai membuat otak kelaparan apa yang dibutuhkan untuk kognisi optimal. Pada akhirnya, Anda akan memiliki risiko demensia yang lebih tinggi dan hippocampus yang lebih kecil, wilayah di otak yang mengelola memori.

7. Stres
Dan akhirnya, stres kronis dapat memiliki efek negatif di seluruh tubuh. Stres situasional sebenarnya adalah hal yang baik yang mempersiapkan tubuh untuk melawan atau melarikan diri dalam menghadapi bahaya, tetapi ketika gaya hidup Anda termasuk stres kronis, hormon kortisol menumpuk di otak dan menyebabkan kerusakan yang abadi.Tidak hanya dapat membunuh sel-sel otak, itu sebenarnya menyebabkan otak menyusut. Ketika efek menyusut ini mengenai korteks prefrontal, kemampuan Anda untuk belajar dan mengingat menjadi terpengaruh. Sangat penting bahwa Anda menemukan cara untuk bersantai sebelum terlambat.

Kami berharap informasi ini tidak membuat Anda takut, tetapi membuat Anda merasa diberdayakan untuk membuat perubahan vital bagi kesehatan otak Anda. Tidak hanya oke, perlu mengukir waktu untuk tidur, makan sarapan, dan menghilangkan stres.Anda bisa mengatakan tidak pada permintaan yang membuat Anda kewalahan. Menempatkan nilai pada kesehatan dan kesehatan mental Anda juga membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok dan makan berlebihan. Pada akhirnya, bos, keluarga, dan teman-teman Anda akan menikmati Anda yang lebih bahagia, lebih sehat ketika Anda menggambar beberapa batasan di sekitar kebutuhan dasar Anda.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ada 7 Kebiasaan Merusak Otak Hentikan Segera Rating: 5 Reviewed By: -

Popular Posts

Scroll to Top