Header

Friday, November 12, 2021

Inilah 8 Tanda Tubuh Perlu Olahraga Lebih Sering

Olahraga adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh setiap manusia, dari remaja hingga orang tua. Jika tubuh kurang olahraga, maka akan ada beberapa tanda yang muncul dari tubuh yang wajib untuk Anda ketahui. Karena jika Anda kurang berolahraga dan tidak mempedulikan tanda-tanda tersebut, maka dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Nah, kali ini kami akan membagikan 8 tanda bahwa tubuh Anda memerlukan olahraga lebih banyak lagi. Apa saja tandanya? Cek selengkapnya di bawah ini!

1. Berat Badan Bertambah

Jika Anda jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga, maka kenaikan berat badan tidak dapat dihindari. Hal itu disebabkan karena makanan yang masuk ke tubuh tidak sebanding dengan aktivitas fisik yang dilakukan. Sehingga terjadi penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh.

Bahkan atlet profesional yang selalu latihan selama 5 minggu dapat mengalami peningkatan lemak sebanyak 12 persen. Apalagi dengan orang-orang yang jarang bahkan tidak pernah berolahraga? Maka, jika berat badan Anda sudah tidak ideal lagi, mulailah berolahraga secara rutin.

2. Sering Terkena Sembelit

Sembelit tidak hanya disebabkan oleh kekurangan serat, namun juga karena jarang berolahraga. Penelitian membuktikan bahwa olahraga dapat melancarkan pencernaan dan menghilangkan sembelit serta konstipasi.

Hal itu disebabkan karena olahraga dapat melancarkan gerakan usus dan lambung sehingga proses pencernaan tubuh menjadi normal. Tentu saja jika Anda kurang berolahraga, maka proses pencernaan akan semakin lambat, apalagi jika Anda sering mengonsumsi makanan tidak sehat dan rendah serat. Maka, segera konsumsi makanan sehat dan olahraga secara rutin, ya!

3. Badan Sering Pegal dan Lelah

Jangan mengira kalau olahraga membuat badan kita pegal, tidak berolahraga juga dapat membuat badan semakin pegal dan mudah lelah. Hal itu disebabkan karena persendian dan otot terlalu kaku dan kurang lentur.

Selain itu, tubuh menjadi mudah lelah karena sistem saraf pusat tidak berdaya untuk mengatasi kelelahan pada tubuh. Berbagai penelitian mengatakan bahwa olahraga membuat otot dan persendian semakin lentur dan kuat, serta membantu sistem saraf pusat untuk mengatasi kelelahan pada tubuh.

4. Tidur Malam Tidak Nyenyak

Olahraga ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Hal itu dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang berolahraga selama 30-40 menit sebanyak 4 kali dalam seminggu dapat tidur lebih nyenyak di malam hari dan tidak mengantuk di siang hari.

Hal itu disebabkan karena berolahraga dapat meningkatkan suasana hati dan memperkuat ritme sirkadian yang dapat menentukan siklus tidur seseorang. Jika Anda ingin tidur lebih nyenyak di malam hari, maka olahraga secara rutin adalah solusi yang paling tepat!

5. Mudah Terserang Penyakit

Jika jarang berolahraga, maka tubuh Anda akan rentan terkena penyakit sembelit hingga kolesterol tinggi. Mengapa hal itu bisa terjadi? Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa olahraga secara rutin sesuai anjuran para ahli dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga jika Anda sering sakit, maka itu tandanya Anda harus mulai berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu selama 30 menit.

6. Nafsu Makan Berlebihan

Banyak yang beranggapan bahwa tidak terlalu banyak makan dan jarang berolahraga dapat mengurangi nafsu makan. Namun asumsi tersebut ternyata tidak benar. Jika tubuh jarang berolahraga, maka nafsu makan akan semakin membesar. Hal itu dijelaskan oleh trainer profesional Amanda L Dale. Faktanya, jika seseorang berolahraga secara rutin, maka akan menekan nafsu makan sehingga tidak mudah terserang lapar berlebihan.

7. Sering Merasa Stres

Stres adalah penyakit yang dapat mengundang berbagai penyakit lainnya seperti stroke, jantung, dan lain-lain. Sehingga stres tidak boleh diremehkan, apalagi diabaikan. Jika Anda menjadi mudah stres, maka itu tandanya Anda perlu lebih sering berolahraga.

Dengan menjalani aktivitas lari 30 menit sebanyak 4 kali dalam seminggu, tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan rasa tenang dan senang sehingga stres dapat hilang dengan sendirinya. Sangat efektif, kan?

8. Membuat Wajah Terlihat Kusam

Mungkin Anda bertanya-tanya, artis-artis Indonesia dan luar negeri kok punya wajah yang cerah dan bersinar, ya? Mereka pakai skincare apa, sih? Well, sebenarnya mereka tidak hanya memakai skincare dan perawatan wajah saja lho! Mereka juga rutin berolahraga sehingga memiliki wajah yang cerah bersinar.


Jika seseorang jarang berolahraga, maka akan terjadi penurunan kualitas tidur dan penumpukan lemak. Hal itu membuat peredaran darah terhambat sehingga wajah terlihat kusam. So, rutin berolahraga adalah solusi yang tepat untuk membuat wajah semakin cerah bersinar seperti artis.

Jika Anda memperhatikan betul-betul, tubuh sebenarnya memberikan gejala atau tanda bahwa Anda perlu berolahraga lebih sering. Sehingga tubuh yang sehat dapat Anda raih jika Anda rutin dan sering berolahraga. Then, apakah Anda pernah merasakan tanda-tanda di atas?

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Inilah 8 Tanda Tubuh Perlu Olahraga Lebih Sering Rating: 5 Reviewed By: Jass

Popular Posts

Scroll to Top