Header

Saturday, October 24, 2020

Ceker Ayam, Apa Manfaat dan Bahayanya?

Di Indonesia, khususnya Jawa, kecuali Aceh, ceker ayam dimanfaatkan sebagai makanan lezat. Sebelum mengonsumsinya, ketahui dulu fakta kesehatan tentang ceker ayam.

Ceker ayam merupakan bagian kaki ayam. Bagiannya terdiri dari kulit, tulang rawan dan tendon. Meski tanpa daging, tetapi ceker ayam mengandung nutrisi yang menyehatkan.

Namun, manfaat ceker a
yam bisa berubah menyebabkan efek samping pada kesehatan tubuh, jika diolah dengan cara yang salah. Mulai dari proses pembersihan hingga proses memasak.

Ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat membersihkan ceker ayam. Jika sudah bersih, ceker ayam dapat diolah menjadi berbagai makanan yang lezat.

Ceker ayam terdiri dari tulang, kulit, urat otot atau tendon. Meski tidak ada bagian dagingnya, tetapi ceker ayam cukup bergizi.

Itu karena ceker ayam mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup. Dalam dua ceker ayam seberat 70 gram mengandung protein sekitar 70%.

Jumlah tersebut merupakan total dari kolagen dan protein struktural yang memberikan bentuk, kekuatan dan ketahanan terhadap kulit, tendon dan tulang pada ceker ayam.

Selain itu, ceker ayam juga merupakan sumber folat yang baik. Nutrisi itu dapat membentuk sintesis DNA berupa vitamin B9 untuk membantu mencegah kelainan kelahiran.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Post a Comment

Item Reviewed: Ceker Ayam, Apa Manfaat dan Bahayanya? Rating: 5 Reviewed By: -

Popular Posts

Scroll to Top